
Filsafat pengetahuan, apa mungkin
mengubah Mindset berfikir peserta didik? Dapatkah kajian ini mendiorong
kreativitas berfikir peserta didik? Padahal terhadap mata kuliah ini, untuk
tingkat Pendidikan Tinggi pun masih sering dianggap kurang bermakna, kurang
relevan dan kurang berdaya guna, bahkan sebagian orang menyebutnya sebagai mata
kuliah asing, khususnya jika harus diajarkan di program Strata Satu. Jika mata
kuliah ini diajarkan dalam proposinya yang tepat, ia dapat memberi arti akan
pentingnya penemuan orientasi, tujuan, jalan, dan peta kehidupan seseorang. Ia
bukan hanya menulusuri perkembangan kekinian yang bertumpu pada kajian
kesadaran diri, baik pada aspek kognisi, afeksi komplek. Ujungnya melaluui
penguasaan bidang ini, seseorang akan tumbuh menjadi figur yang memiliki
kehendak untuk memilih dan menentukan pilihan hidup disertai dengan
logika-logika logisnya mengapa ia memilih sesuatu.
Jika filsafat pengetahuan hanya dipahami
dalam rumpun yang demikian, tentu juga keliru. Sebab filsafat pengetahuan tidak
hanya membicarakn soal-soal dimaksu, meskipun rumusan semacam itu juga tetap
dikajinya. Sama dikajinya seperti pada dimensi kesejarahan dan pokok pikiran
kefilsafatan dari zaman ke zaman. Filsafat yang sebelumnya sering diasosiasi
sebagai induknya ilmu, terpaksa berhenti perkembangannya terlebih ketika ilmu
berhasil dan mampu menelurkan apa yang disebut dengan teknologi dengan berbagai
cabang yang kompleks dan liar.
Disebut ilmu induk dikarenakan pada
awalnya ilmu lahir dari filasafat. Dalam perkembangan selanjutnya, ilmu
pengetahuan yang salah satu produknya teknologi mengalahkan perkembangan
filsafat. Filsafat pengetahuan dapat merangsang lahirnya sejumlah keinginan
dari temuan filosofis melalui berbagai macam observasi dan eksperimen yang
melahirkan berbagai pencabangan ilmu. Realitas menunjukan bahwa hampir tidak
ada satu cabang ilmu yang lepas dari filsafat atau serendahnya tidak terkait dengan
persoalan filsafat. Bahkan untuk kepentingan perkembangan ilmu itu sendiri
lahir suatu disiplin filsafat yang khusus mengjaki ilmu pengetahuan. Rumusan
ilmu yang dimaksud disebut filsafat pengetahuan yang berkembang dalam cabang
baru yang disebut filsafat pengetahuan.
Komentar
Posting Komentar