Agar pelayanan BK di PAUD tercapai, ada beberapa jenis pelayanan yang
dapat dilakukan, antara lain:
a. Layanan pengumpulan data
merupakan kegiatan mengumpulkan data dan keterangan tentang peserta didik,
tentang lingkungan peserta didik dan lingkungan lainnya. Yang dapat dilakukan
dengan berbagai macam instrument, baik tes maupun no-tes. Dengan tujuan
memahami peserta didik dengan karakteristiknya dan karakteristik lingkungannya.
Dan pengumpulan data bertujuan untuk perkembangan peserta didik, bersifat
berkelanjutan, sistimatik, komprehensif, terpadu dan bersifat
tertutup. Adapun jenis data ada dua yaitu: Data pribadi dan Data lingkungan
b. Layanan informasi
merupakan layanan memungkinkan yang diberikan baik pada peserta didik dan
orang tua agar dapat menerima dan memahami berbagai informasi. Tujuan layanan
informasi adalah membantu peserta didik dan orang tua agar dapat mengambil
keputusan secara tepat tentang sesuatu, dalam bidang pribadi, social, belajar,
bermain berdasarkan informasi yang diperoleh memadai. Layanan ini berfungsi
untuk pencegahan dan pemahaman. Adapun jenis-jenis layanan informasi
adalah:
·
Informasi pendidikan
·
Informasi sosial
·
Informasi media pendidikan
·
Informasi kesehatan
·
Informasi keagamaan
·
Informasi hukum.
Sedangkan untuk teknik yang digunakan dalam layanan informasi adalah: papan
bimbingan, brosur, lesflet, poster, ceramah, peninjauan, kliping koran,
wawancara, mendatangkan ahli dan lain-lain.
c.
Layanan konseling
Dimana layanan ini bisa bersifat pribadi maupun kelompok. Dimana layanan
konseling pribadi bersifat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dan
pengembangan diri, serta bertujuan untuk pengentasan dan advokasi. Sedangkan
layanan konseling kelompok bersifat pemahaman dan pengembangan yang
bersifat social dalam mengambil keputusan/penyelesaian, dan untuk pengembangan
dan pemahaman.
d.
Layanan penempatan
Yaitu layanan yang membantu peserta didik dan orang tua dalam memperoleh
penempatan dan penyaluran yang tepat baik didalam kelas (sekolah) maupun di
rumah, baik kelompok belajar/bermain, atau kegiatan-kegiatan yang sesuai
dengan minat bakat anak dan karakteritik anak tersebut.
e.
Layanan tindak lanjut
Layanan ini diberikan pada anak didik berdasarkan hasil evaluasi yang
dilakukan oleh guru. Dan layanan tindak lanjut ini disesuaikan dengan
permasalahan atau anak yang tidak mengalami masalah. Bila anak mengalami
masalah maka sebaiknya direkomendasikan kepada pisikiater untuk penanganan
selanjutnya. Sedangkan anak yang tidak mengalami permasalahan bisa meneruskan
bimbingan dan konselingnya secara kontinyu, terus-menerus dan berkelanjutan.
Tindak lanjut sangat penting untuk memperbaharui dan menilai profesionalisme
konselor.
Dan dalam metode penanganan yang dilakukan disesuaikan, apabila metode yang
dilakukan dianggap berhasil maka tindakan yang dilakukan selnjutnya adalah
dengan melanjutkan metode penanganan yang dilakkan sebelumnya,
tetapi bagi yang tidak berhasil dicari penyebabnya dan solusi atas kegagalan
penanganan tersebut.
Fungsi dari layanan tidak lanjut adalah sebagai umpan balik bagi guru dan
kepala sekolah, dan sebagai alat evaluasi program untuk pelaksanaan program
selanjutnya.
Komentar
Posting Komentar