Menurut Ernawulan Syaodih (2005) kebutuhan layanan bimbingan
di TK muncul dari karakteristik dan masalah - masalah perkembangan yang terjadi pada masa kanak -
kanak. Layanan bimbingan ini merupakan suatu usaha bantuan dari guru pada anak
yang dilaksanakan secara bersama - sama dengan proses pembelajaran yang
terjadi. Hal ini berarti pada saat mengajar guru dapat berperan sebagai
pengajar sekaligus pembimbing yang bertujuan untuk membantu proses perkembangan anak seoptimal mungkin. Anak
Agung Ngurah Adhiputra (2013) mengungkapkan bahwa karakteristik bimbingan di TK
adalah sebagai berikut:
1)
Proses bimbingan harus disesuaikan
dengan pola pikir dan pemahaman anak.
2)
Pelaksanaan bimbingan terintegrasi
dengan pembelajaran.
3)
Waktu pelaksanaan bimbingan sangat
terbatas.
4)
Pelaksanaan bimbingan dilaksanakan
dalam masa bermain.
5)
Adanya keterlibatan teman sebaya.
6)
Adanya keterlibatan orang tua.
Pelaksanaan
layanan bimbingan pada siswa TK dapat dilakukan dengan menggunakan teknik
bimbingan kelompok maupun individual (dalam Anak Agung Ngurah Adhiputra, 2013:
88). Mengingat hasil assesment prapenelitian menunjukkan bahwa permasalahan
perilaku prososial yang muncul di TK Harapan dialami oleh beberapa siswa, maka
teknik bimbingan kelompok merupakan teknik yang tepat untuk dipilih.
MenurutJacobs, Masson, Harvill, dan Schimmel (2012), macam - macam teknik
bimbingan kelompok adalah menulis, gerak, lingkaran, dyads dan triads,creative
props, art dan craft, fantasi, bacaan umum, umpan balik, kepercayaan,
experiential, dilema moral, keputusan kelompok, dan sentuhan.
Penggunaan
masing - masing teknik bimbingan ini perlu disesuaikan dengan kemampuan siswa
dan tujuan yang ingin dicapai. Art
Therapy Group merupakan bagian dari teknik bimbingan yang dapat digunakan
untuk meningkatkan perilaku prososial siswa seperti yang diungkapkan oleh
American Art Therapy Association (2013) bahwa Art Therapy Group dapat mengembangkan keterampilan sosial salah
satunya perilaku prososial. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
layanan bimbingan di TK merupakan suatu usaha bantuan dari guru pada anak yang
dilaksanakan secara bersama - sama dengan proses pembelajaran yang terjadi dan
bertujuan untuk membantu proses perkembangan anak seoptimal mungkin. Layanan
ini dilakukan dengan memperhatikan karakteristik bimbingan di TK yaitu proses
bimbingan harus disesuaikan dengan pola pikir dan pemahaman anak, pelaksanaan
bimbingan terintegrasi dengan pembelajaran, waktu pelaksanaan bimbingan sangat
terbatas, pelaksanaan bimbingan dilaksanakan dalam masa bermain, adanya
keterlibatan teman sebaya, dan adanya keterlibatan orangtua. Pelaksanaan
layanan bimbingan ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik bimbingan
kelompok maupun individual. Macam -macam teknik bimbingan kelompok adalah
menulis, gerak, lingkaran, dyads dan triads, creative props, art dan craft,
fantasi, bacaan umum, umpan balik, kepercayaan, experiential, dilemma moral,
keputusan kelompok, dan sentuhan. Art
Therapy Group merupakan bagian dari
teknik bimbingan yang dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku prososial
siswa.
Komentar
Posting Komentar