Langsung ke konten utama

Art Therapy Group sebagai Teknik Bimbingan di Taman Kanak-kanak

Menurut Ernawulan Syaodih (2005) kebutuhan layanan bimbingan di TK muncul dari karakteristik dan masalah - masalah  perkembangan yang terjadi pada masa kanak - kanak. Layanan bimbingan ini merupakan suatu usaha bantuan dari guru pada anak yang dilaksanakan secara bersama - sama dengan proses pembelajaran yang terjadi. Hal ini berarti pada saat mengajar guru dapat berperan sebagai pengajar sekaligus pembimbing yang bertujuan untuk  membantu proses  perkembangan anak seoptimal mungkin. Anak Agung Ngurah Adhiputra (2013) mengungkapkan bahwa karakteristik bimbingan di TK adalah sebagai berikut:
1)      Proses bimbingan harus disesuaikan dengan pola pikir dan pemahaman anak.
2)      Pelaksanaan bimbingan terintegrasi dengan pembelajaran.
3)      Waktu pelaksanaan bimbingan sangat terbatas.
4)      Pelaksanaan bimbingan dilaksanakan dalam masa bermain.
5)      Adanya keterlibatan teman sebaya.
6)      Adanya keterlibatan orang tua.
Pelaksanaan layanan bimbingan pada siswa TK dapat dilakukan dengan menggunakan teknik bimbingan kelompok maupun individual (dalam Anak Agung Ngurah Adhiputra, 2013: 88). Mengingat hasil assesment prapenelitian menunjukkan bahwa permasalahan perilaku prososial yang muncul di TK Harapan dialami oleh beberapa siswa, maka teknik bimbingan kelompok merupakan teknik yang tepat untuk dipilih. MenurutJacobs, Masson, Harvill, dan Schimmel (2012), macam - macam teknik bimbingan kelompok adalah menulis, gerak, lingkaran, dyads dan triads,creative props, art dan craft, fantasi, bacaan umum, umpan balik, kepercayaan, experiential, dilema moral, keputusan kelompok, dan sentuhan.
Penggunaan masing - masing teknik bimbingan ini perlu disesuaikan dengan kemampuan siswa dan tujuan yang ingin dicapai. Art Therapy Group merupakan bagian dari teknik bimbingan yang dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa seperti yang diungkapkan oleh American Art Therapy Association (2013) bahwa Art Therapy Group dapat mengembangkan keterampilan sosial salah satunya perilaku prososial. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan di TK merupakan suatu usaha bantuan dari guru pada anak yang dilaksanakan secara bersama - sama dengan proses pembelajaran yang terjadi dan bertujuan untuk membantu proses perkembangan anak seoptimal mungkin. Layanan ini dilakukan dengan memperhatikan karakteristik bimbingan di TK yaitu proses bimbingan harus disesuaikan dengan pola pikir dan pemahaman anak, pelaksanaan bimbingan terintegrasi dengan pembelajaran, waktu pelaksanaan bimbingan sangat terbatas, pelaksanaan bimbingan dilaksanakan dalam masa bermain, adanya keterlibatan teman sebaya, dan adanya keterlibatan orangtua. Pelaksanaan layanan bimbingan ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknik bimbingan kelompok maupun individual. Macam -macam teknik bimbingan kelompok adalah menulis, gerak, lingkaran, dyads dan triads, creative props, art dan craft, fantasi, bacaan umum, umpan balik, kepercayaan, experiential, dilemma moral, keputusan kelompok, dan sentuhan. Art Therapy Group  merupakan bagian dari teknik bimbingan yang dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Anak Prasekolah

Anak usia prasekolah memiliki karakteristik tersendiri dalam segi pertumbuhan dan perkembangannya. Anak usia prasekolah adalah anak yang berusia antara 3-6 tahun (Wong, 2000). Pada usia ini anak bisa diarahkan ke arah yang positif atau ke arah yang bisa membantu perkembangan   sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak tersebut. Erik H. Erikson (Helms & Turner, 1994) memandang periode usia 4-6 tahun sebagai fase sense of initiative.   Anak dilahirkan belum bersifat sosial, dalam arti dia belum memiliki kemampuan untuk lebih akrab dengan orang lain. Baron & Byrne (2003) menjelaskan perilaku prososial sebagai segala tindakan apa pun yang menguntungkan orang lain. Secara umum, istilah ini diaplikasikan pada tindakan yang tidak menyediakan keuntungan langsung pada orang yang melakukan tindakan tersebut, dan bahkan mungkin mengandung derajat resiko tertentu. Faturochman (2006) juga menyatakan perilaku prososial sebagai perilaku yang memi...

Makna dan Fungsi Prinsip-prinsip Filosofis Bimbingan Konseling

Kata filosofis atau filsafat berasal dari bahasa Yunani: Philos berarti cinta dan sophos berarti bijaksana, jadi filosofis berarti kecintaan terhadap kebijaksanaan. Sikun pribadi mengartikan filsafat sebagai suatu “usaha manusia untuk memperoleh pandangan atau konsepsi tentang segala yang ada, dan apa makna hidup manusia dialam semesta ini”. Filsafat mempunyai fungsi dalam kehidupan manusia, yaitu bahwa : 1)       Setiap manusia harus mengambil keputusan atau tindakan, 2)       Keputusan yang diambil adalah keputusan diri sendiri 3)       Dengan berfilsafat dapat mengurangi salah paham dan konflik, dan 4)       Untuk menghadapi banyak kesimpangsiuran dan dunia yang selalu berubah. Dengan berfilsafat seseorang akan memperoleh wawasan atau cakrawala pemikiran yang luas sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat John J. Pietrofesa et. al. (1980) mengemukakan pendapat Jame...

ETIKA PERGAULAN DENGAN TEMAN SEBAYA

Etika pergaulan yaitu sopan santun / tata krama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama, kesopanan, adat, hukum dan lain-lain. Etika adalah suatu sikap seperti sopan santun atau aturan lainnya yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan. Kita semua manusia disebut sebagai makhluk sosial dan makhluk individu. Jadi kita semua walaupun mementingkan dan mendahulukan kebutuhan secara pribadi tetap membutuhkan dan memerlukan orang lain, untuk mengantar ketujuan yang kita butuhkan. Agar terjadi hubungan yang harmonis kalian perlu pembinaan dari sekarang ini sehingga nantinya tercipta hubungan yang selaras, serasi dan seimbang jauh dari pertentangan dan permusuhan yang dinilai dari masyarakat. Pergaulan remaja adalah kontak sosial di antara remaja, atau dalam kelompok sebaya ( peer group ). Kelompok sebaya ini, di samping dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap perkem...